Formulir Berita Acara K3 Perusahaan Download

Rincian Formulir

서식파일명

Formulir Berita Acara K3 Perusahaan

  • 26 KB
  • 1 halaman
  • doc
  • Berbayar
  •  

Ketika cedera atau kecelakaan, laporan insiden atau laporan kecelakaan adalah salah satu dokumen yang paling penting, formulir yang diisi untuk mencatat rincian kejadian tidak biasa yang terjadi di fasilitas, seperti cedera pada pasien.
Penting untuk dicatat bahwa laporan kecelakaan mobil polisi yang akurat dapat berdampak lebih dari klaim asuransi Anda.
Laporan kecelakaan kerja ini yang digunakan sebagai alat untuk mencatat kejadian beserta kronologi kejadian kecelakaan kerja maupun near miss. Laporan kecelakaan kerja biasanya mencakup tempat, waktu, pekerjaan, alat/ mesin, bahan, penyebab kejadian, kerugian yang ditimbulkan hingga tindakan perbaikan dan pencegahan yang harus dilakukan.

Kecelakaan kerja baik kategori minor maupun mayor harus dicatat, dilaporkan dan dibuat laporannya untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki tindakan pencegahan kecelakaan terbaru dan risiko terjadinya kecelakaan serupa terulang kembali dapat diminimalkan.

Near miss atau kecelakaan kerja dapat dikatakan sebagai tolak ukur dalam menilai tingkat kinerja keselamatan kerja secara umum. Semua kejadian yang berkaitan dengan kedua hal tersebut perlu dicatat dan diselidiki (investigasi) guna menentukan tindakan perbaikan dan mencegah kejadian serupa kembali terjadi di masa mendatang.
Setiap pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, baik cedera kecil maupun cedera serius/ fatal, harus melaporkan kejadian tersebut kepada atasannya (supervisor). Hal ini untuk memudahkan dalam membuat laporan kecelakaan kerja. Tipe atau jenis kecelakaan di tempat kerja yang sebaiknya dilaporkan adalah semua kecelakaan yang menyebabkan kematian, cedera dan Penyakit akibat kerja (PAK) yang harus dilaporkan tercantum dalam PERMENAKERTRANS No. PER.01/MEN/1980 tentang kewajiban melaporkan PAK.


Laporan kecelakaan kerja akan memberikan informasi kepada Anda tentang semua kecelakaan kerja yang telah terjadi dalam periode tertentu dan kecelakaan kerja terbanyak yang terjadi saat itu, ini memungkinkan Anda untuk menemukan akar penyebab dari kecelakaan tersebut dan menentukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

Berikut manfaat-manfaat membuat laporan kecelakaan kerja:
-Meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dengan lengkapnya data kecelakaan

-Memenuhi persyaratan undang-undang keselamatan kerja yang berlaku.

-Mengetahui potensi bahaya baru atau tersembunyi di tempat kerja
-Mengetahui akar penyebab kecelakaan kerja
-Memudahkan dalam menentukan tindakan perbaikan berkelanjutan
-Mengukur keefektifan program keselamatan kerja
-Memperbaiki kinerja keselamatan kerja
-Mengukur kinerja pekerja
-Menentukan tingkat premi asuransi
-Mencegah kecelakaan yang sama kembali terjadi di masa mendatang

 


BERITA ACARA No. ......./......../BA/....../20...Pada hari ini ......... Tanggal .... bulan ....... Tahun ...... sekitar pukul ......... Wib Nama Pelapor Departemen setelah menerima laporan Tema/ Isi berita acara kejadian sebagai berikut Orang-orang yang terlibat/ sanksi terdiri dari : a.Nama b.Pekerjaan c. Alamat Kronologis Kejadian Tindakan yang diambil Demikianlah berita acara kejadian ini saya buat dengan sebenar-benarnya serta dapat dipertanggung jawabkan atas kebenarannya, kemudian ditutup dan ditanda tangani pada hari dan tanggal serta tempat seperti tersebut diatas. Yang Membuat Berita Acara, Saksi
Jabatan

Bizform Sarankan

opiGeNmqgyQWzWwQmtjH