Survei adalah pemeriksaan atau penelitian secara komprehensif. Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian itu biasanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara, dengan tujuan untuk mengetahui: siapa mereka, apa yang mereka pikir, rasakan, atau kecenderungan suatu tindakan
Menurut Babbie, 1982 bahwa ada tiga langkah penting yang menentukan keberhasilan penelitian survei, yaitu:
1) mengembangkan atau membuat angket,
2) memilih sampel, dan
3) mengumpulkan data dengan wawancara atau angket.
Pertanyaan Survey HR No Pertanyaan Sangat Tidak Setuju 1 2 Sangat Ya 1 Apakah anda tahu apa yang diharapkan dari anda dalam melakukan pekerjaan? 2 Apakah anda mempunyai peralatan dan materi yang memadai untuk melakukan pekerjaan dengan benar? 3 Dalam bekerja,apakah anda mempunyai kesempatan yang terbaik untuk melakukan setiap harinya? 4 Di akhir pekan,apakah anda mendapatkan pengakuan atau pujian terhadap pekerjaan yang telah anda lakukan dengan baik? 5 Apakah atasan langsung anda atau seseorang ditempat kerja anda perduli terhadap diri anda sebagai manusia? 6 Apakah ada seseorang di tempat kerja anda yang memberikan dorongan kepada anda untuk mengembangkan diri? 7 Ditempat kerja,apakah pendapat anda dipertimbangkan secara sungguh sungguh 8 Apakah misi dan tujuan organisasi,membuat anda merasa pekerjaan anda sangat penting bagi organisasi? 9 Apakah rekan kerja anda berkomitment melakukan pekerjaan yang berkualitas tinggi? 10 Apakah anda mempunyai sahabat dekat di tempat anda bekerja 11 Di 6 Bulan terakhir, apakah ada seseorang yang membicarakan dan memberi masukan mengenai kemajuan anda dalam bekerja? 12 Dalam setahun terakhir,apakah anda mendapat kesempatan ditempat kerja untuk belajar dan berkembang?