Panduan tentang penilaian kinerja pegawai
Penilaian kinerja adalah penilaian rutin tentang bagaimana kinerja staf dalam pekerjaan mereka. Seringkali mereka akan dihubungkan dengan ulasan gaji atau skema insentif dari satu bentuk atau lainnya.
Tujuan dari penilaian kinerja adalah untuk meningkatkan kinerja individu dengan komunikasi dua arah yang efektif antara karyawan dan manajer mereka. Hasil yang dimaksudkan adalah peningkatan efektivitas dan efisiensi keseluruhan di tempat kerja.
Tujuan khusus dari proses penilaian kinerja meliputi:
PANDUAN PENILAIAN KINERJA PEKERJAAN
Informasi Karyawan
Nama karyawan:
Periode Ulasan:
Departemen:
Manajer:
Tujuan dan Sasaran Kinerja
Nol hingga 2 bulan
• Menjadi terbiasa dengan tujuan bisnis departemen Anda.
• Bekerja dengan manajer Anda untuk menentukan dan mendokumentasikan tujuan Anda. Masukkan apa yang Anda diharapkan untuk hasilkan dengan ulasan pertama Anda, kegiatan yang diperlukan untuk mencapai hasil, dan kriteria keberhasilan.
2 hingga 4 bulan
• Membuat sasaran dan kriteria tertentu tertentu realistis. Lakukan negosiasi ulang jika perlu.
• Apakah Anda memfokuskan waktu Anda pada tujuan yang Anda janjikan? Jika tidak, bekerjalah dengan manajer Anda untuk mengubah tujuan Anda atau mengevaluasi kembali bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda.
4-6 bulan
• Tinjau sasaran kinerja untuk melihat apakah Anda tepat sasaran. Prioritaskan pekerjaan sesuai dengan itu.
Pengembangan Keterampilan dan Pengetahuan
Nol hingga 2 bulan
• Memahami keterampilan dan pengetahuan khusus yang Anda butuhkan. Gunakan profil pekerjaan sebagai panduan Anda.
• Bangun rencana pengembangan keterampilan berdasarkan tujuan yang telah Anda setujui dan manajer Anda.
• Lengkapi orientasi administrator baru.
2 hingga 4 bulan
• Menghadiri salah satu sesi dalam program sertifikasi Administrator. Lihat situs sumber pelatihan untuk kursus.
• Tinjau rencana pengembangan Anda dan kurikulum yang disarankan untuk keterampilan dan pelatihan tambahan.
4-6 bulan
• Hadiri setidaknya satu sesi lagi dalam program sertifikasi Administrator.
• Buat garis waktu dengan tugas terkait yang akan Anda ikuti untuk mencapai keterampilan yang diuraikan dalam rencana pengembangan pribadi Anda.
Proses dan Metode
Nol hingga 2 bulan
• Biasakan diri Anda dengan proses kerja dan metode yang digunakan dalam pekerjaan Anda. Perjelas siapa yang memiliki proses tersebut dan bagaimana Anda dapat mendukung tujuan proses.
• Tetapkan batas waktu yang jelas untuk tanggal tenggat tugas. Selalu perbarui tenggat waktu.
2 hingga 4 bulan
• Identifikasi dan hilangkan variasi yang tidak perlu dalam cara Anda melakukan proses kerja.
• Pastikan tanggung jawab pekerjaan Anda jelas, jelas, dan realistis.
4-6 bulan
• Mengenal orang-orang yang bekerja lintas fungsi dalam proses kerja umum.
• Berusaha menyederhanakan proses kerja apa pun untuk mengurangi waktu siklus